iklan

Senin, 09 Mei 2011

anomali air! apa itu?

minggu lalu gue ada pelajaran yang intinya guru tanya, kenapa di daerah musim dingin air danau membeku?? dan bagaimana kabar si ikan penghuni danau?? kenapa mereka tetap hidup???

well

anomali adalah suatu sifat yang dimiliki air. aitu sifat dimana air akan mengembang keb=mbali pada suku 4 drajat ke bawah.

diwilayah lintang tinggi akan terjadi musim dingin. pada musim itu air di danau-danau akan membeku.

pada saat suhu di permukaan danau menurun dari 4 drajat celsius, akan terjadi anomali air. anomali air menjaga suhu air didasar danau tidak turun sampai dibawah 4 drajat celsius yang masih cukup hangat untuk ikan.

lha kok???
kenapa bisa.. saat suhu di permukaan kurang dari 4 drajat,, di dasar malah lebih dari 4 drajat??

Kembali ke danau, jika udara dingin menyerang, air permukaan danau menjadi dingin, air menyusut hingga massa jenisnya menjadi besar, sedang air di dasar danau masih hangat dan massa jenisnya lebih kecil dari air permukaan, karenanya partikel-partikel air di permukaan turun ke bawah dan partikel-partikel air di dasar danau naik ke atas (Hal ini dapat kita pahami seperti meletakkan besi di permukaan air, karena massa jenis besi lebih besar maka besi akan turun ke dasar air). Kejadian tersebut berlangsung bolak-balik karena suhu permukaan terus mendingin, hingga suhu air di danau berada pada 4oC , pada suhu ini, massa jenis air terbesar sehingga air di dasar tak dapat naik lagi ke atas dan tetap berada di dasar meskipun air permukaan mendingin dan akhirnya air permukaan danau menjadi beku, dan tetap berada di permukaan danau.

Air yang membeku, menjadi gunungan es akan mengapung di permukaan laut. Tentu kehidupan akan lebih sulit terjadi di laut, jika volume air ketika membeku sama saja berat massanya dengan cair.
Air pada kondisi dingin mendekati titik beku, membesar karena setiap 6 molekul air membentuk heksagonal dan dapat menangkap molekul udara lebih banyak. Karena itu pula, air dalam kondisi ini membuat kandungan oksigen dalam air lebih banyak dari pada temperatur kamar. Sifat “anomali air” juga mempengaruhi cuaca, keseimbangan iklim sehingga cuaca di muka bumi tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin.


yayayaaa... mungkin agak sedikit ngerti..
dan yang gw bingungin sekarang.. tugas itu di print apa nggak??

weleh welehhh....
bingung belom ada ending nya... huft.. :(

0 komentar:

Posting Komentar